tips memilih sepatu touring

Tips memilih sepatu touring yang baik




Agar kegiatan touring berjalan sesuai rencana dan tidak ada masalah, menggunakan perlengkapan safety adalah kuncinya. Sepatu touring merupakan perlengkapan untuk melindungi kaki, oleh karena itu ketahui dengan benar cara memilih sepatu yang nyaman dan menghindarkan kaki dari cidera. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

Agar kaki terlindungi namun tetap nyaman digunakan, pilihlah sepatu yang memiliki tinggi di bawah lutut. Biasanya sepatu touring berkualitas dijual di kisaran harga Rp 250.000 – Rp 300.000. Ada beberapa merk sepatu touring yang sudah terkenal akan kualitas dan kenyamanannya, diantaranya adalah merk Tomkins yang harganya sekitar Rp 400.000, merk Varro yang harganya Rp 450.000, merk GM Gear yang harganya Rp 375.000, dan merk Forza yang dijual dengan harga Rp 350.00.

Safety First




Selain terdapat 3 bagian safety pada standar sepatu touring, namun ada juga beberapa sepatu yang dilengkapi dengan pad tambahan. Tambahan pengaman tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada saat pengendara melakukan perpindahan gigi. 

Sepatu untuk berkendara biasanya didesain dengan sempurna untuk melindungi kaki dengan baik serta dapat melindungi kaki dari panas knalpot. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu untuk berkendara adalah menentukan tipe sepatu sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memilih sepatu standar, sepatu balap, atau sepatu touring sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Kenyamanan Diutamakan



Seiring perkembangan zaman, sepatu touring muncul dengan inovasi-inovasi baru. salah satu inovasi baru pada sepatu touring adalah sepatu yang dilengkapi teknologi riset dengan menggunakan lapisan goretex 3M Thinsulate. Seperti yang kita ketahui touring dilakukan dalam waktu yang lama, sehingga dibutuhkan sepatu yang nyaman dan dapat melindungi kaki dengan baik. Dengan adanya inovasi baru tersebut, kini sepatu touring dibuat dari material yang bisa melepaskan dan meredam panas. 

Tidak hanya itu, sepatu touring juga dibuat dari material anti air, kuat, elastis, dan berpori sehingga kaki bisa bernafas. Agar terhindar dari bahaya terpeleset, biasanya bagian bawah sepatu touring terbuat dari bahan karet. Sebaiknya pilih sepatu touring yang memiliki bantalan shiffer dengan tinggi di atas mata kaki dan dibawah lutut agar kaki tetap hangat ketika berkendara.

Desain



Selain kualitas dan kenyaman, desain sepatu juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan oleh para riders. Sepatu riding yang bagus adalah yang dapat menutup seluruh bagian kaki dengan baik dan terbuat dari bahan elastis sehingga memudahkan kaki untuk bergerak dan tidak membuat kaki cepat pegal. Selain itu pilihlah sepatu yang memiliki hak, ini digunakan untuk disangkutkan pada pijakan sehingga meminimalisir risiko terpeleset. Namun hak sepatu tidak boleh terlalu tinggi karena akan membuatnya tersangkut saat menginjak foot step. Pilihlah sepatu sesuai dengan kebutuhan, entah itu sepatu standar, sepatu touring, atau sepatu balap. Yang membedakan sepatu touring dengan sepatu yang lainnya adalah tinggi sepatu. Sepatu touring biasanya di desain dengan tinggi dibawah lutut agar dapat melindungi kaki dari angin dan panas.

Kuncian




Pengunci atau pengikat pada sepatu touring diperlukan untuk memudahkan kita dalam memakai atau melepas sepatu. Seperti yang kita ketahui biasanya sepatu menggunakan tali sebagai pengikat. Namun berbeda halnya dengan sepatu touring, tali justru akan menimbulkan masalah karena rentan tersangkut pada bagian sepeda motor. Oleh karena itu pilihlah kuncian yang cocok dan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. Kuncian sepatu touring yang bagus adalah menggunakan velcro atau resleting.

Size



Touring biasanya dilakukan dalam waktu yang lama bahkan sampai berhari-hari atau berminggu-minggu, oleh karena itu faktor kenyamanan harus diutamakan. Seperti perlengkapan lainnya, sepatu tidak boleh asal pilih, Anda harus benar-benar memperhatikan faktor kenyamanan serta keselamatan. Untuk memastikan apakah sepatu yang akan dibeli benar-benar nyaman, cobalah sepatu tersebut ketika masih di ada toko dan gunakan untuk berjalan. Untuk ukuran, sebaiknya beli sepatu dengan ukuran satu tingkat lebih besar dari ukuran kaki. Sepatu touring yang lebih besar akan memberikan ruang lebih pada kaki untuk bernafas.

Comments